Cara Mempercepat Motor agar Lebih Maksimal
Motor pabrikan dengan keadaan standar memanglah sudah diatur dengan keadaan jalan di Indonesia. Untuk itu dikala motor dipakai untuk jarak jauh seolah tidak maksimal ataupun terasa tidak bertenaga. Gimana metode mengatasinya?

Terdapat bermacam metode untuk membuat motor lebih cepat saat melaju tanpa bayaran besar. Tarikan motor standar terasa agak berat, kurang responsif ataupun dikatakan lambat dapat diakibatkan dari bermacam aspek.

Awal sebab keadaan standar yang sudah disesuaikan buat pemakaian dalam kota. Kedua sebab pemakaian bahan bakar tidak cocok standar serta syarat pabrik. Serta yang ketiga sebab tidak rajin dalam menjaga motor.

Bila permasalahan yang terjalin pada motor sebab aspek kedua serta ketiga, hingga jangan harap motor dapat cepat. Bila sebab aspek permasalahan awal jadi hambatan, hendaknya 6 metode ampuh berikut dapat dicoba 

1. Memasang 9Power
cara memasang 9 power
Tarikan atau tenaga motor kurang bisa dikarenakan dari sistem kelistrikan yang kurang maksimal. Arus listrik yang kurang pada busi bisa sebabkan pembakaran kurang maksimal dan bahkan menjadi boros.

Cara pertama dengan produk 9Power yang seharga  Rp 39.000. Perangkat sederhana dengan bentuk kecil ini memiliki manfaat memperlancar arus listrik dari koil. Sehingga pembakaran bisa lebih maksimal dan konsumsi BBM menjadilebih irit. 

2. Memasang Power Blazzing

power blazzing

Sama dengan halnya 9Power, Power Blazzing merupakan perangkat digital yang bekerja menyempurnakan sistem kelistrikan kendaraan. Hanya saja bedanya Power Blazzing langsung terhubung dengan sistem Accu/Aki.

tempat power blazzing

Power Blazzing yang dibanderol sekitar Rp 180.000 ini memiliki lebih banyak manfaat di antaranya:
  • Hemat BBM hingga 20% (Akan terasa pada beberapa motor tertentu)
  • Tarikan motor jadi lebih SPONTAN
  • Getaran mesin jadi halus dan mesin jadi lebih Umur pemakaian Aki atau Accu motor lebih lama
  • Kelistrikan Lancar
  • CDI, KOIL lebih stabil
3. Pakai Busi Iridium
Jika sistem kelistrikan sudah beres dan lancar tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti busi dengan model iridium. Dengan menggunakan busi iridium kendaraan baik mobil dan motor diklaim oleh pabrikan akan memiliki pembakaran lebih sempurna.

Kembali dengan prinsip awal di atas semakin bagus pembakaran maka mesin akan hasilkan tenaga maksimal dan emisi gas buang juga lebih bersih. Busi iridium berkualitas biasa akan dibanderol jauh lebih mahal ketimbang busi biasa.

Bahkan 1 busi bisa mencapai di atas Rp 100.000 (tergantung merk). Dan sebagai catatan saat membeli busi iridium harus pastikan ulang sesuai dengan ketentuan pabrikan. (Lihat dalam buku manual motor)

4. Atur Gear Ratio
atur gear ratio sesuai dengan medannya

Jika beberapa cara sebelumnya masih kurang bisa mencoba cara jitu ini dengan bermain pada gear rasio atau Final Gear (SPROCKET). Tapi sebelumnya harus diketahui bahwa asal mengganti tanpa perhitungan sesuai, bisa jadi tenaga motor jadi lebih lambat.

Pabrikan motor men-setting agar cocok digunakan dalam kota juga dari gear rasio. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin mantap tapi top speed menurun. Begitu pula sebaliknya rasio gear kecil tarikan kurang, top speed bertambah.

Jadi jika penggunaan sehari-hari Ada banyak di kota kondisi gear rasio standar sebenarnya sudah cukup. Tapi apabila berada di daerah pegunungan dan perbukitan maka sangat cocok menggunakan gear rasio besar. Karena gear rasio besar sama juga torsi (momen puntir) meningkat.

Tapi apabila motor sering dipergunakan dalam kota dan perjalanan jauh bisa mencoba dengan menurunkan gear rasio sedikit lebih kecil.

Contoh : Gear belakang Yamah Vixion standart berukuran 42 sedangkan gear depan 14. Maka gear rasionya adalah 42:14=3, apabila mengganti dengan ukuran 44 maka akselerasi meningkat tapi top speed rendah.

Sebaliknya jika gear belakang diganti dengan 40 maka rasionya menjadi 2,8. Dengan rasio gear seperti ini akselerasi sedikit turun tapi top speed meningkat. Jika ingin akselerasi dan top speed mantap bisa mencoba mengganti gear depan juga.

Catatan: untuk penggantian maksimal gear baik depan maupun belakang, sebaiknya tidak lebih dan tidak kurang dari 3 digit. Jika menggunakan profil ban lebih besar juga jangan mengganti ukuran gear lebih kecil, karena bobot bertambah memerlukan momen puntir lebih besar.

Untuk mempermudah modifikasi, bisa meniru atau mencontoh gear rasio pada sebuah sepeda seperti di bawah ini. Semakin kecil gear maka top speed meningkat, semakin besar tarikan ringan.

5. Knalpot

knalpot nob 1
Cara selanjutnya adalah mengganti saluran gas buang alias knalpot. Banyak anggapan mengganti knalpot kendaraan menjadi sangat boros. Pernyataan ini memang tidak salah tapi juga kurang tepat.

Sebab jika mengikuti prosedur yang tepat, mengganti knalpot yang benar dan sesuai bisa tingkatkan tenaga tapi juga tidak terlalu boros. Modifikasi knalpot sebaiknya membeli produk aftermarket yang sudah memiliki kualitas dan kuantitas, bukan knalpot abal-abal.

Seperti halnya knalpot NOB1 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Pada produk terbaru NOB1 Neo Silent Sport, diklaim tenaga motor bertambah tapi polusi suara juga sangat kecil alias tidak berisik. Selain itu konsumsi BBM juga tidak akan menjadi boros.

Selain NOB1 di pasaran juga masih banyak merk lain yang tak kalah bagus. Namun segi harga yang akan menjadi pembanding utama. Penggantian knalpot harus memilih kualitas peredam suaranya. Sebab motor akan digunakan sehari-hari bukan untuk di arena balap

6. Porting Polish
Porting polish

Porting polish dan Papas head mesin dapat juga sebagai pilihan membantu membuat kendaraan makin cepat. Modifikasi mesin ini dilakukan dengan cara mensetting ulang lubang masuk atau keluar di silinder head.

Hal ini biasa dilakukan agar campuran bahan bakar dengan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih maksimal. Sedangkan papas head adalah langkah yang dilakukan untuk menaikkan kompresi motor.

Hal ini dilakukan dengan cara membubut atau memapas head silinder. Tapi risiko pada motor yang sebelumnya memiliki nilai kompresi layak pakai bahan bakar premium harus beralih menggunakan bbm beroktan tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus.

Cara ini terbukti dapat meringankan tarikan kendaraan baik motor maupun mobil. Tapi untuk melakukan proses porting polish dan papas head harus dilakukan di bengkel yang benar-benar ahli dan memiliki peralatan lengkap. Agar tidak terjadi kesalahan atau bahkan kerusakan pada mesin yang tidak diinginkan