Tipe Karburator Sepeda Motor
Berdasarkan konstruksnya karburator pada sepeda motor dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Karburator dengan venturi tetap ( fixed ventury )


Karburator ini adalah karburator yang diameter venturi tidak dapat diubah lagi, jumlah aliran udara tergantung pada perubahan pada throttle butterfly (katup gas), pada tipe ini biasanya ada pilot jet untuk idle speed bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan. Ada juga sistem akselerasi atau akselerasi untuk mengantisipasi ketika mesin dalam gas tiba-tiba, semua sistem tambahan ini dimaksudkan untuk membantu mesin menjadi lebih responsif karena katup katup memiliki keterbatasan dalam membentuk venturi.

2. Karburator dengan venturi berubah-ubah ( variable ventury / slide carburetor )


Karburator dengan venturi secara bergantian menempatkan throttle valve atau throtle piston (skep) di venturi dan secara langsung dioperasikan oleh kawat gas, oleh karena itu, diameter venturi dapat dibedakan (bervariasi) sesuai dengan jumlah aliran campuran bahan bakar dengan udara di udara. karburator. Karburator jenis ini dalam menyalurkan bahan bakar hanya melalui jet utama (spuyer utama) yang dikendalikan oleh jarum (needle), karena bentuk jarum yang didesain lancip, ini akan mengurangi jet (spuyer) dan saluran tambahan lainnya seperti yang ditemukan di karburator venturi tetap.


3. Karburator dengan kecepatan konstan ( Constan velocity carburetor )


Karburator ini merupakan gabungan antara dari kedua tipe karburator diatas, yaitu variable ventury yang dilengkapi katup gas ( throttle valve butterfly ), sering disebut juga dengan karburator CV ( CV karburator ), piston valve yang berada dalam venturi berfungsi agar diameter venturi berubah-ubah dengan bergeeraknya piston tersebut keatas dan kebawah, prgerakan piston valve ini tidak dioperasikan oleh kawat gas seperti pada karburator variable ventury, tetapi oleh tekanan negatif ( kevakuman ) dalam venturi tersebut.